Wednesday, February 25, 2009

Orang Tua dan Kalajengking

Suatu pagi setelah selesai bermeditasi, si bapak tua membuka matanya dan melihat seekor kalajengking mengapung tanpa daya di air. Sewaktu kalajengking itu hanyut ke pohon, bapak tua itu menjulurkan badannya di sebuah akar yang bercabang ke air dan menolong makhluk yang tenggelam.

Sewaktu ia menyentuh, kalajengking itu menyengatnya. Secara refleks sang bapak menarik tangannya. Tak lama setelah ia dapat menyeimbangkan badannya lagi, ia menjulurkan lagi badannya untuk menolong kalajengking. Kali ini sang kalajengking menyengat si bapak dengan parah dengan ekornya yang beracun sehingga tangan bapak itu bengkak dan berdarah dan mukanya meringis kesakitan.



Pada waktu itu ada yang lewat dan melihat si bapak menjulurkan badan dari akar pohon dan berjuang menolong kalajengking dan ia pun berteriak :
"Hei orang tua bodoh, ada apa dengan kau? Hanya orang bodoh yang mau menolong makhluk yang jelek dan jahat itu. Tidaklah kau tahu bahwa kau akan terbunuh karena mencoba menyelamatkan kalajengking yang tidak tahu terima kasih itu?."

Sang Bapak tua menatap orang yang lewat itu dan berkata dengan tenang "Kawanku. Hanya karena sifat binatang itu suka menyengat tidak merubah sifatku untuk menolong".

No comments:

Post a Comment